Blog Ini Berisi Tentang Pembelajaran, Tips, Software, Aplikasi Android, Hiburan Dan Masih Banyak Lagi Seputar Tentang Dunia IT, Membahas Tuntas Dari Segala Pokok Permasalahan Yang Ada.

AMAN

Tuesday, October 22, 2013

Kliping TIK - Sejarah Perkembangan Komputer

Assalamualaikum Wr.Wb



SELAMAT SIANG PARA PENGUNJUNG BLOG SDERHANA SAYA

Disini saya akan  shering tentang sebuah kliping sederhana yang saya buat sendiri. Sebenarnya Kliping ini adalah Tugas dari Guru Tik saya. Tapi karena saya ingin berbagi ilmu dengan kawan - kawan .Dengan sangat iklas lahir dan batin saya posting saja pekerjaan saya.

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah Swt yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin saya tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas ilmu tentang “Sejarah Perkembangan Komputer”, yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini saya susun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri saya sendiri maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah Swt akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang “Sejarah Perkembangan Komputer”. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada teman yang membantu saya agar dapat menyelesaikan makalah ini.Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Saya mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.


DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN  
-Latar Belakang
-Rumusan Masalah
-Tujuan

BAB II ISI
-Pengertian Komputer
-Sejarah Perkembangan Komputer

BAB III PENUTUP
-Kesimpulan
-Penutup

DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Teknologi informasi dan komputer pada awal abad ke-21 ini telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Teknologi ini pada prinsipnya adalah untuk melayani kebutuhan informasi secara tepat waktu (fast), tepat guna (accurate), dan tepat sasaran (relevant). Informasi memenuhi kebutuhan tepat waktu jika dapat tersedia pada saat dibutuhkan, sehingga memerlukan kecepatan proses. Kebutuhan tepat guna akan terpenuhi jika informasi yang dihasilkan benar sehingga mendukung pengambilan keputusan yang benar. Sementara penggunaan informasi tersebut baru dapat dirasakan manfaatnya jika diberikan kepada orang yang tepat dan benar-benar memerlukannya, sehingga informasi juga harus relevan terhadap penggunanya.
Perkembangan teknologi komputer tidak hanya mencakup teknologi yang digunakan, tetapi juga merambah sampai ke metoda pengembangan sistem informasi dan konsep-konsep yang merupakan bagian infrastruktur dari suatu sistem dan teknologi informasi. Perkembangan teknologi komputer sampai saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat.dengan perkembangan computer yang sangat cepat itu sangatlah membantu manusia dalam pekerjaan sehari hari.

B.Rumusan masalah
            1.Apakah itu computer?
            2.Bagaimanakah urutan sejarah Perkembangan computer ?
           
C.Tujuan
            1. Menjelaskan apakah itu computer?
            2.Menjelaskan sejarah  perkembangan computer dari generasi ke generasi?
           
  
BAB II
PEMBAHASAN

A.Pengertian computer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.


B.Sejarah Perkembangan Komputer
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, komputer pun mengalami kemajuan, yang dapat dikelompokkan sebagai berikut:

1.      KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Dikembangkan pada saat Perang Dunia Kedua yang memiliki ciri bahwa operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki Program Kode Biner yang berbeda yang disebut Bahasa Mesin (Machine Language) dan penggunaan tube vakum yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran besar.
Yang termasuk Komputer Generasi Pertama adalah: Mark I, Mark II, Mark III, IBM 702, IBM 104, IBM 709, ENIAC, EDVAC, UNIVAC I, UNIVAC II, Datamatic 1000, CRC, NCR 102A, NCR 102D, Bizmac dan Bizmac II.

2.      KOMPUTER GENERASI KEDUA
Pada generasi ini Tube Vakum telah digantikan oleh Transistor, dan telah terjadi pula pengembangan Memori anti magnetik. Komputer Generasi Kedua menggantikan Bahasa Mesindengan Bahasa Assembly yaitu bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggunakan Kode Biner.
Komputer Generasi Kedua telah memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini, seperti: Printer, Disket, Memori, Sistem Operasi dan Program. Masa ini juga bermunculan bahasa pemprograman untuk menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat dan formula matematika yang mudah dipahami manusia, seperti Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN).

Yang termasuk komputer Generasi Kedua adalah LARC, IBM1401, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107, Burrouhgs 200, IBM 7070, IBM 1400, IBM 1600, CDC 160A, GE 635, GE 645 dan GE 200.


3.      KOMPUTER GENERASI KETIGA
Pada generasi ini Transistor digantikan dengan Integrated Circuit (IC) yang mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemajuan Komputer pada generasi ini adalah penggunaan Sistem Operasi (Operating System) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi Memori Komputer dan juga harganya lebih murah dan lebih hemat listrik.

Yang termasuk komputer Generasi Ketiga adalah: UNIVAC 1109, UNIVAC 9000, Burroughs 5700, Burroughs 6700, Burroughs 7700, GE 600, GE 235, CDC 3000, CDC 6000, CDC 7000, PDP-8, dan PDP-11.


4.      KOMPUTER GENERASI KEEMPAT
Pada generasi ini komputer telah menggunakan Large Scale Integration (LSI) yang dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Ciri lain dari Komputer Generasi Keempat ini adalah dikembangkannya Komputer Mikro yang menggunakan Micro Processor dan Semiconductoryang berbentuk chip untuk memori komputer. Pada masa ini IBM mulai memperkenalkan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor dan sekolah. Yang termasuk komputer generasi keempat adalah: IBM 370, Apple II, IBM PC/XT, IBM PS/2, IBM PC/386, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, AMD k6 dan anthlon.

5.      KOMPUTER GENERASI KELIMA
Komponen yang dugunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Komputer generasi ini akan dikembangkan kepada komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia dan dapat melakukan diagnosa penyakit dengan lebih akurat, selain itu komputer juga diramalkan dapat berpikir dan mempunyai persaan seperti manusia.



BAB III
PENUTUP

A.Kesimpulan
Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa komputer telah banyak mengalami perkembangan yang  sangat pesat sekali. dibuktikan dengan adanya generasi generasi yang telah di lewati komputer untuk menjadi sebuah komputer yang amatlah bagus saat ini yang kita pakai.
B.Penutup
Demikian yang dapat saya paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini. Penulis banyak berharap para pembaca yang budiman  memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca yang budiman pada umumnya. 

DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer
http://tokoh-ilmuwan-penemu.blogspot.com/2009/07/penemu-komputer-pertama.html
http://www.bismillahslamet.com/2009/08/sejarah-komputer-dan-perkembangannya.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Acer_(perusahaan)
http://id.wikipedia.org/wiki/MSX
http://id.wikipedia.org/wiki/Corel
http://id.wikipedia.org/wiki/XploRe
http://id.wikipedia.org/wiki/Compaq
http://illtorro.blogspot.com/2009/06/motherboard.html

Share:

2 comments:

WELCOME

My Profil



Nama Saya : Lulut Dwi Ratna
I am Study in Universitas Islam Negeri Walisongo
My Instagram : @lulutdwiratna
My Channel Youtube lulutdwiratna Please Like Comment and Subscribe.

Followers

About Me

My photo
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Selamat datang diBlog saya, temukan informasi menarik yang anda butuhkan, hanya disini.

Wikipedia

Search results