Blog Ini Berisi Tentang Pembelajaran, Tips, Software, Aplikasi Android, Hiburan Dan Masih Banyak Lagi Seputar Tentang Dunia IT, Membahas Tuntas Dari Segala Pokok Permasalahan Yang Ada.

AMAN

Thursday, March 9, 2017

Filsafat Pendidikan Islam Sebagai Ilmu

Filsafat Pendidikan Islam Sebagai Ilmu

a.      Pengertian Filsafat Pendidikan Islam
Untuk memahamai filsafat pendidikan terdapat 3 sudut pandang yaitu :

1.filsafat pendidikan islama adalah filsafat pendidikan yang berlandaskan islam
2. filsafat pendidikan islama adalah filsafat islama tentang pendidikan
3.filsafat pendidikan islam  adalah filsafat mengenai pendidikan islam.

Pertama , filsafat pendidikan yang berlandaskan islam , yaitu analisis filosofi pendidikan yang di dasarkan pada sumber utama ajaran islam yaitu al – quran dan al- hadist.
Kedua, filsafat islam entang pendidikan . dalam pengertian kedua ini filsafat pendidikan islam adalah pemikiran pemikiran para filsuf muslim tentang pendidikan , yaitu berupa aktifitas aktifitas manusia yang berupa pengembangan potensi diri dalam hubungannya dengan tuhan , alam dan diri manusia sendiri.
Ketiga, filsafat tentang pendidikan islam . analisis filosofis tentang permasalahan permasalahan pendidikan islam , baik permasalahan yang bersifat  teoritis maupun praktis.

b.      Objek Kajian Filsafat Pendidikan Islam
Mempelajari filsafat pendidikan berarti mmasuki area pikir yang mendasar , sistematis , logis dan menyeluruh (universal) tentang pendidikan , yang tidak hanya di latar belakangi oleh ilmu pengetahuan agama islam saja , tetapi menuntut kepada kita untuk mempelajari ilmu – ilmu lain yang relevan .
Dari segi objek , setiap disiplin ilmu selalu di bedakan menjadi dua objek yaitu objek  materia dan objek forma . objek materia merupaka bahan baku utama dari ilmu pengetahuan yang bersifat lebih umum dan berdimensi makro . sedangkan objek forma adalah sesuatu yang menjadi fokus kajian atau sudut pandang tertentu dari suatu hal , yang bersifat lebih spesifik dan berdimensi mikro .
c.       Metode Studi Filsafat Pendidikan Islam
Selanjutnya dalam melakukan analisis filsafat pendidikan islam , menggunakan beberapa metode di antarannya :
1. Metode pemahaman adalah suatu metode untuk memahami objek penelitian melalui insting dan empati dalam menangkap dan memahami makna budaya manusia , nilai nilai , simbol simbol , pemikiran – pemikiran , serta kelakuan manusia yang memiliki sifat ganda.
2. Metode interprestasi adalah memperantarai pesan secara eksplisit dan implisit termuat dalam realitas.
3. Metode hermeneutik bertujuan untuk mencari dan menemukan makna yang terkandung dalam objek peneitian yang berupa fenomenal kehidupan manusia , melalui pemahaman dan interprestasi .
4. Metode induktif – deduktif  , metode ini memiliki 5 siklus tahapan yaitu observasi , induksi , deduksi , kajian dan evaluasi .
5. Metode komparatif ,yaitu memkasa dengan tegas menetukan kesamaan dan perbedaan , sehingga objek dapat di pahami dengan semakin murni .
6. Metode heuristik , metode untuk menemukan jalan baru secara ilmiah untuk memcahkan masalah .

d.      Sumber Sumber Filsafat Pendidikan Islam
Secara ilmiah sumber umum di kemukakan bahwa suber sumber filsafat pendidikan islam adalah :
1.      Wahyu Yaitu Al – Quran Al – Karim.
2.      Al-Hadist.
3.      Ijtihad Atau Hasil Pemikiran para sahabat rasul dan pemikiran muslim klasik ataupun moderen.
4.      Pemikiran Pemikiran Pendidikan Barat.



1.      AL – QUR’AN SEBAGAI SUMBER NORMATIF PERTAMA
Dalam  hubungannya dengan ilmu pengetahuan , al-qur’an mendorong manusia untuk mempergunakan akal pikirannya serta menambah ilmu pengetahuannya semaksimal mungkin . kemudian juga menjadikan observasi atas alam semesta sebagaimana alat untuk kepercayaan kepada setiap penemuan baru atau teori ilmiah . sehingga mereka dapat menemukan dalilnnya dalam al – qur’an untuk di berikan atau di bantahkan. Makadari itu al qur’an  menjadi sumber aktualisasi tertinggi , kebenaran integratif ilahiyah.

2.      IJTIHAD PARA SAHABAT DAN PEMIKIR MUSLIM
Bagi sebagian besar kaum muslim , masa khulafa ‘ar-rasyidin di anggap sebagai masa yang ideal dan perlu di contoh oleh setiap penguasa negara .sesungguhnya telah ada pada khulafa’ur rasyidin pesan – pesan yang banyak sekali yang bersumberkan dalam al-quran dan sunah nabi saw , di antara pesan pesannya adalah :
1. himbauan untuk bertakwa kepada allah swt
2. selalu di siplin mengerjakan amal amal yang di kehendaki allah swt pada siang hari.
3. selalu di siplin mengerjakan amal - amal  yang di kehendaki allah swt pada malam hari.
4. selalu disiplin mengerjakan hal hal yang wajib dan sunnah
5. selalu disiplin mengerjakan amal amal ahli surga.
6. menjauhi amal amal ahli neraka.
7. menghindari dari  kesenangan nafsu.

3.      PARA PEMIKIR BARAT
Saat ini harus di akui bahwa pendidikan islam baik pada dataran teoristik maupun praktis tidsk lepas dari sitem pendidikan barat maupun kebudayaaan barat . ada sebuah keniscayaan it is a must , dan keharusan zaman , umat islam saat ini harus banyak belajar kepada para pemikir/filsuf barat , jika memang umat islam igin berubah dan maju , untuk selanjutnya menguasai peradaban barat barat untuk membangun peradapan baru di dunia islam .penguasa pemikiran barat sangat di perlukan jika umat islam ingin ber naturalisasi pemikiran dan peradaban barat di dunia islam . sebagaimana para filsuf muslim melakukan naturalisasi pemikiran yunani , dalam peradaban islam .


Sumber        : Buku Filsafat Pendidikan Islam
Pengarang    : Dr. Mahfud Junaedi,M.Ag
Deskripsi     : Ringkasan Filsafat Pendidikan Islam
Share:

0 komentar:

Post a Comment

WELCOME

My Profil



Nama Saya : Lulut Dwi Ratna
I am Study in Universitas Islam Negeri Walisongo
My Instagram : @lulutdwiratna
My Channel Youtube lulutdwiratna Please Like Comment and Subscribe.

Followers

About Me

My photo
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Selamat datang diBlog saya, temukan informasi menarik yang anda butuhkan, hanya disini.

Wikipedia

Search results