BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Dalam
kegiatan sehari – hari baik secara disadari atau tidak kita pasti mengalami
sebuah kegiatan yaitu belajar. Belajar secara teori maupun praktek dari
lingkungan sekitar. Belajar mengerti arti kehidupan dan belajar menjadi semakin
baik. Anak – anak kecil pun belajar bagaimana cara mereka berjalan dan
berkomunikasi dengan baik. Sebagai calon pendidik kita juga dituntut untuk
mengetahui tentang arti penting belajar. Karena belajar merupakan masalah yang
pasti dihadapi setiap orang. Oleh karena itu di sini kita akan mengupas lebih
dalam tentang arti dari kata belajar itu sendiri. Yang diharapkan nantinya akan
berguna bagi kita para calon pendidik untuk lebih memahami kegiatan beajar
mengajar ini dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari bagi peserta
didik kita.
B.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, penyusun merumuskan rumusan masalah sebagai
berikut:
1.
Definisi belajar ?
2.
Definisi belajar menurut parah ahli ?
C.
TUJUAN MASALAH
Adapun tujuan penulisan dari makalah ini
adalah sebagai berikut:
1.
Untuk mengetahu pengertian belajar.
2.
Untuk mengetahui definisi pengertian belajar menurut para ahli .
BAB II
PEMBAHASAN
A. Defisini Belajar
Istilah belajar sebenarnya telah lama
dan banyak dikenal. Bahkan pada era sekarang ini, hampir semua orang mengenal
istilah belajar. Lebih–lebih setelah di rencanangkannya wajib belajar. Namun,
apa sebenarnya belajar itu, rasanya masing–masing orang mempunyai pendapat yang
tidak sama. Sejak manusia ada, sebenarnya ia telah melaksanakan aktivitas
belajar. Oleh karena itu, kiranya tidak berlebihan jika dikatakan bahwa
akitivitas belajar itu telah ada sejak adanya manusia. Mengapa manusia
melaksanakan aktivitas belajar? Jawabannya adalah karena belajar itu salah satu
kebutuhan manusia. Bahkan ada ahli yang menyatakan bahwa manusia adalah makhluk
belajar. Oleh karena manusia adalah makhluk belajar, maka sebenarnya di dalam
dirinya terdapat potensi untuk diajar. Pada masa sekarang ini, belajar menjadi
sesuatu yang tak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Hampir di sepanjang
waktunya, manusia banyak melaksanakan “ ritual–ritual” belajar.
Belajar
merupakan kegiatan berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam
setiap jenjang pendidikan. Dalam keseluruhan proses pendidikan, kegiatan
belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dan penting dalam keseluruhan
proses pendidikan. Belajar adalah proses atau usaha yang dilakukan tiap individu untuk
memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan,
keterampilan maupun sikap dan nilai yang positif sebagai pengalaman untuk
mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari. Kegiatan belajar
tersebut ada yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di tempat lain seperti di
museum, di laboratorium, di hutan dan dimana saja. Belajar merupakan tindakan
dan perilaku siswa yang kompleks.
. B. Definisi Belajar Menurut Para Ahli .
Banyak ahli yang telah mendefinisikan apa itu
belajar . Di antaranya adalah definisi yang diungkapkan oleh :
1. Hilgard dan Bower ,Belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap
sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang –
ulang dalam situasi itu , di mana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau dasar kecenderungan respon
pembawaan , kematangan , atau keadaan – keadaan sesaat seseorang ( misalnya
kelelahan , pengaruh obat dan sebagainya ) .
2. Gagne ,menyatakan bahwa Belajar terjadi apabila suatu situasi stimulus
bersama dengan isi ingatan mempengaruhi siswa sedemikian rupa sehingga
perbuatannya ( performance – nya ) berubah dari waktu sebelum ia mengalami
situasi itu ke waktu sesudah ia mengalami situasi tadi .
3. Morgan ,mengemukakan Belajar adalah setiap perubahan yang relatif rmenetap dalam tingkah laku
yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman .
4. Witherington , Belajar adalah suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri
sebagai suatu pola baru daripada reaksi yang berupa kecakapan , sikap ,
kebiasaan , kepandaian atau suatu pengertian .
5. Moh. Surya, definisi belajar adalah
suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan
tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu
sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan.
6. Leter D.Crow ,Belajar
adalah kebiasaan acuquisition, pengetahuan dan sikap. Belajar merupakan upaya untuk memperoleh
kebiasaan, pengetahuan dan sikap.
7. Alice Crow , Belajar merupakan upaya untuk memperoleh kebiasaan, pengetahuan dan
sikap.
8. Ngalim Purwanto , Belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku yang terjadi sebagai hasil dari
pelatihan atau pengalaman.
Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa :
1. Belajar
itu membawa perubahan baik aktual maupun potensial .
2. Perubahan
itu didapatkan dari kecakapan baru yang kita pelajari .
3. Perubahan
itu terjadi karena usaha ( dengan sengaja maupun tidak sengaja ) .
4. Belajar tidak hanya di bangku sekolah tapi
bisa dari pengalaman .
5. belajar itu awalnya yang kia tidak tau
menjadi tau .
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Belajar
merupakan sebuah proses yang mampu merubah tingkah laku seseorang yang
memerlukan sebuah proses secara terus menerus . Dalam hal ini banyak sekali
faktor – faktor yang mempengaruhi proses belajar sehingga diperlukan banyak
latihan dan konsentrasi . Kita juga perlu mengetahui berbagai teori – teori
tentang belajar sehingga menambah wawasan kita bagaimana cara belajar yang mampu
membantu kita mendapatkan hasil yang maksimal. Yang sangat diharapkan setelah
kita belajar tidaklah hanya menguasai teorinya saja, tetapi bisa kita
aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yang dapat membuat kehidupan kita lebih
baik.
B.
SARAN
Dengan penulisan
makalah ini diharapkan pembaca:
· Memperoleh pengetahuan yang lebih luas tentang apa itu
belajar.
·
Lebih mendekatkan
diri kepada Allah SWT.
· Dapat menambah ilmu tentang definisi definisi tentang
belajar yang di kemukakan oleh para ahli
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Post a Comment