Blog Ini Berisi Tentang Pembelajaran, Tips, Software, Aplikasi Android, Hiburan Dan Masih Banyak Lagi Seputar Tentang Dunia IT, Membahas Tuntas Dari Segala Pokok Permasalahan Yang Ada.

AMAN

Thursday, March 9, 2017

Filsafat Pendidikan Pesantren

FILSAFAT PENDIDIKAN PESANTREN


Abdulrahman wahid atau yang di sebut gus dur menjelaskan bahwasannya konsep apapun tentang pesantren , sebenarnya bukan pekerjaan ynag mudah . terlebih dahulu yang harus di ingat adalah adanya suatu keyakinan bahwa tidak ada konsep yang mutlak rasional untuk dapat di terapkan di pesantren.
A.    Pengertian Pondok Pesantren
Zamakhsyari dhofir , menjelaskan bahwa perkataan awalnya pe dan akhirnya an berarti tepat tinggal para santri dan istilah santri berasal dari bahasa tamil yang berarti guru mengaji.
Kafrawi , pondok pesantren adalah lembaga pendidikan dan pengajaran agama islam yang pada umumnnya pendidikan dan pengajarannya tersebut di berikan dengan non klasikal (sitem bondongan dan sorongan ) di mana seorang kiyai mengajarkan santrinya berdasarkan kitab  - kitab yang di tulis dalam bahasa arab oleh ulama ulama abad pertengahan , sedangkan para santri santri wati biyasannya tinggal di pondok atau pesantren .
B.     Pertumbuhan Dan Perkembangan Pondok Pesantren
1.      Masa kolonisme dan sebelumnya
Pesantren berdiri sejak berdinya adanya walisongo , syekh maulana malik atau yang di sebut  dengan syeikh maghribi di anggap sebagai pendiri pesantren pertama kali di jawa tengah . syekh maulana malik dalam mendirikan pesantren tidak mengalami kesulitan karena sebelumnya sudah ada perguruan hindu dan budha dengan sistem biara atau asrama sebagai tempat pendeta atau biksu untuk mengajar dan belajar , sehingga pada masa islam , asrama dan biara itu tidak berubah bentuk , hanya namannya saja yang berubah menjadi pondok pesantren .
Dalam perkembangan selanjutnya pesantren ini mendapatkan perhatian dari para sultan . sesuai dengan kedudukan tinggi para wali di mata sultan , tidak sedikit pesantren yang mendapat perhatian dan bantuan.  Berikut ini jumlah pesantren dan madarasah , ulama dan pelajar :

jakarta
jabar
jateng
jatim
Pesantren dan madarasah
167
1.046
351
307
ulama

7.652
4.466
6.150
pelajar
14.573
69.594
21.957
32.931

2.      Pasca kemerdekaan
Perkembangan sistem pendidikan nasional , berpengaruh sangat kuat terhadap pertumbuhan dan perkembangan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan , gejala sangat terlihat jelas dengan semakin banyaknya pesantren yang mendirikan madarasah dengan kurikulum campuran dan juga mengadopsi sekolah model barat ke dalam pesantren . pesntren sebagai lembaga pendidikan dan sosial tumbuh dan berkembang di pelosok desa maupun di  perkotaan.
3.      Unsur unsur pondok pesantren
Berdirinya sebuah pondok pesantren bermula dari sorang kyai yang menetap pada suatu tempat , kemungkinan datanglah santri yang ingin belajar kepadannya dan turut pula bermukim di rumah kyai , karena banyak santri  yang datang , mereka mendirikan pondok di sekitar rumah kyai atau masjid.
Menurut mukti ali pesantren memiliki 4 komponen yakni :
1.      Kyai sebagai pengajar atau mendidik
2.      Santri yang belajar dari kyai
3.      Masjid tempat untuk menyelenggarakan pendidikan
4.      Pondok , tempat tinggal para santri.
Klasifikasi pondok pesantren
Manfred ziemek mengklasifikasikan pesantren menjadi lima tipe yakni :
1.      Pesantren jenis A yakni pesantren yang hanya terdiri dari unsur masjid dan rumah kyai.
2.      Pesantren jenis B yaitu pesantren yang memiliki masjid , rumah kyai dan pondok .
3.      Pesantren C ialah pesantren yang terdiri dari masjid , rumah kyai , asrama atau pondok dan madarasah.
4.      Pesantren jenis D adalah pesantren yang  sudah terdiri dari unsur yaitu majid , rumah kyai , asrama , madarasah di tambah pendidikan ketrampilan , program pertanian dan lain – lain.
5.      Pesantren jenis E yaitu pesantren jenis modern , yang terdiri dari beberapa  elemen  yaitu masjid , rumah kyai , pondok , madarasah dan universitas.
4. Peran pendidikan pondok pesantren dalam sisdikna
Pendidikan bagi umata adalah merupakan kebutuhan yang hakikat yang harus di penuhi , pendidikan di pondok pesantren , keunggulannya pendidikan keimanan dan akhlaq , di samping aspek yang tercakup dalam lingkup pendidikan pesantren . denganmemperhatikan tujuan pendidikan pondok pesantren menempati posisi yang sangat penting dan tak dapat di pisahkan dalam membangun manusia indonesia seutuhnnya.
5. karakter pesantren di tengah dinamika zaman
Abdurahman wahid menjelaskan bahwa dinamisasi pada asasnya mencakup dua buah proses yaitu penggalakan kembali nilai nilai hidup positif yang telah ada , di samping mencakup pula penggantian nilai nilai lama dengan nilai nilai yang baru yang di anggap lebih sempurna , proses penggantian nilai itu dinamakan modernisasi.

Menurut nurcholis , modernisasi adalah rasionalisasi dan bukan westernisasi , kaitannya dengan sistem pendidikan pesantren adalah upaya menggalakan nilai nilai hidup yang terdapat dalam sistem pendidikan pesantren dan menggantikan nilai nilai lama kurang relevan dengan perkembangan zaman dengan nilai nilai yang lebih baik.
Mukti ali meyebutkan bahwa bebrapa ciri ciri pendidikan pesantren , sebagai berikut:
1. Adanya hubungan yang akrab antara para santri dan kyai
2. Tunduknya santri pada kyai
3. Hidup hemat dan sederhana benar- benar di praktekkan di pesantren
4. Semangat menolong diri sendiri amat terasa dan kentara di kalangan santri.
5. Jiwa tolong menolong dan suasana persaudaraan sangat mewarnai pergaulan di pesantren.

Alex inkeles dan david h . smith mengemukakan ciri – ciri masyarakat modern , sebagai masyarakat yang memiliki :
1.      Sifat terbuka terhadap pengalaman baru .
2.      Kesiapan terhadap perubahan sosial
3.      Kesadaran akan dannya keanekaragaman sikap dan tingkah laku serta pendapat pendapat orang di sekililing dan suatu peraturan untuk membentuk atau berpegangan pada pandangan sendiri.
4.      Sikap yang bergerak untuk mencari fakta dan bahan bahan penerangan untuk di jadikan dasar pandangan sendiri.
5.      Berorientasi pada masa mendatang dari pada terhadap masa lampau.

6. Pesantren Alternatif Pendidikan Masa Depan
Seiring berkebang nya ilmu pendidikan dan teknologi , dan kerinduan masyarakat moderen terhadap nilai ketuhanan , masyarakat membutuhkan lembaga pendidikan yang mampu merespon kemajuan IPTEK dan sekaligus mampu memenuhi kebutuhan religius.

Pondok pesantren integratif - inovatif  , yaitu sebuah lembaga pendidikan pesantren yang integral dan komprehensif serta antisipatif terhadap tuntutan masyarakat masa mendatang . pondok pesantren yang tidak hanya menekankan oada penguasaan ilmu ilmu agama dan pembentukan mental religius , tetapi jga diorientasikan untuk menguasai sains – sains keduniaan , kedua aspek itu di intregrasikan secara inovatif futuristik.


Sumber        : Buku Filsafat Pendidikan Islam
Pengarang    : Dr. Mahfud Junaedi,M.Ag
Deskripsi     : Ringkasan Filsafat Pendidikan Islam
Share:

0 komentar:

Post a Comment

WELCOME

My Profil



Nama Saya : Lulut Dwi Ratna
I am Study in Universitas Islam Negeri Walisongo
My Instagram : @lulutdwiratna
My Channel Youtube lulutdwiratna Please Like Comment and Subscribe.

Followers

About Me

My photo
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Selamat datang diBlog saya, temukan informasi menarik yang anda butuhkan, hanya disini.

Wikipedia

Search results