Blog Ini Berisi Tentang Pembelajaran, Tips, Software, Aplikasi Android, Hiburan Dan Masih Banyak Lagi Seputar Tentang Dunia IT, Membahas Tuntas Dari Segala Pokok Permasalahan Yang Ada.

AMAN

Thursday, March 9, 2017

Kesulitan Belajar Peserta Didik

Kesulitan Belajar Peserta Didik

Kesulitan belajar merupakan  masalah bagi semua orang ,terutama seorang pelajar. kita sebagai seorang pelajar atau peserta didik dituntut untuk mempelajari setiap materi  yang di berikan. setidaknya kita memahami materi yang di ajarkan. sebagai peserta didika bukan lah hal yang mudah untuk mengatasi kesulitan belajar ,bagaimana cara membangkitkan minat belajar dalam diri , membangkitkan semangat belajar dan masih banyak yang lain . Siswa yang malas dan tidak minat untuk belajar , setiap hari mereka akan belajar ketika ada ujian saja , itulah fakta kebanyakan jaman sekarang.
Kita tahu , Kesulitan belajar sesorang bisa di sebabkan karena bebarapa faktor bisa dari lingkungan keluarga , lingkungan masayarakat , lingkungan sekolah , fisik yang tidak sehat, dan bahkan psikis dari peserta didik itu sendiri . maka dari itu semua , penulis mencoba mencari titik tengah dari berbagai sudut pandang , bahwasannya minat dan tidak mintanya peserta didik melakukan pembelajaran , tergantung pada individu masing masing . kita harus tau bagaimana menyikapi permasalahan permasalahan di sekeliling kita dalam keadaan apapun . bagaimanan kita merubah (mood) kita menjadi kebahagiaan (kesenangan). kita tau bahwasannya proses pembelajaran itu lebih mudah kita terima dan kita pelajari ketika kita dalam keadaan sehat , bahagia/senang dan lain lain .

Dari pengamatan penulis yang di lakukan seorang peserta didik yang malas belajar memiliki gejala – gejala yang di lakukan , seolah - olah gejala itu menjadi adat kebiyasaan yang sudah melekat di dalam peserta didik itu sendiri dan sulit untuk di hilangkan yaitu:
1.      Peserta didik yang malas akan cenderung santai ketika mendapatan tugas.
2.      Ketika peserta didik itu memiliki niat untuk mengerjakan tugas , pasti akan sambil bermain handphone , inilah yang menjadi adat kebiasaan banyak orang.
3.      Akan cendereng lebih mengutamakan bermain di banding belajar.
4.      Cenderung ramai saat pembelajaran.
5.      Suka melamun saat proses pembelajaran.
6.       Mudah mengantuk saat belajar.
7.      Tidak suka beres - beres , membiarkan kamar tidurnya berantakan.
8.      Ketika ada waktu libur panjang , lebih mengutamakan tidur dari pada belajar.
9.      Sering menunda - nunda sesuatu ,entah itu bersih bersih maupun mengerjakan tugas lainnya.
10.  Datang tidak tepat waktu tanpa alasan yang tepat , menunjukkan bahwa seseorang seseorang itu sangatlah pemalas.
11.  Suka menyuruh orang lain.
12.  Menyontek saat ulangan.

Kita tau bahwasaannya kesulitan peserta didik dalam proses belajar di sebabkan karena faktor faktor tertentu dan yang terutama adalah faktor dalam diri kita sendiri . penulis menyarankan kepada setiap para peserta belajar yang memiliki permasalahan dalam proses pembelajarannya untuk merubah adat kebiyasaan (buruk) yang telah melekat dalam dirinya . banyak sekali metode metode pembelajaran yang kita bisa terapkan , entah itu metode pembelajaran di sekolah , lingkungan keluarga  atau di manapun itu . berikut ini saran solusi dari penulis untuk memecahkan kesulitan belajar untuk para peserta didik antara lain :

1.      Menata hidup kita , sebagai seorang pelajar kita juga ingin meraih masa depan yang bagus tentunya , sebagai seseorang kita harus berfikir panjang , kita harus menyusun masa depan kita sejak dini , agar kelak nanti masa depan kita tidak buruk tentunya.
2.      Belajar mengerjakan yang sulit , di sini yang penulis maksud adalah kita harus mencoba melakukan kebiyasaan yang dulunnya kita sulit untuk kita kerjakan menjadi kebiyasaan yang sering kita lakukan jadinya .contohnya belajar , bagun pagi dan lain lainnya .
3.      Memberikan motivasi pada diri kita sendiri , kita tau bahwasannya hal yang menjadi adat kebiyasaan itu sulit untuk kita hilangkan , maka dari itu motivasilah diri kita untuk menghilangkan kebiasaan buruk kita , kita tau bahwasaanya yang buruk itu tidak baik untuk masa depan kita kelak .
4.      Rubah pola belajar , merubah pola belajar kita yang dulunnya belajar di lakukan sambil bermain handphone kita berusaha merubanya , kita coba lebih fokus ke buku pelajaran kita ,lupakan sosial media sejenak.
5.      Rubah cara kita belajar , coba kita merubah cara kita belajar , mungkin dengan belajar sambil makan cemilan atau bisa juga belajar kelompok dengan teman kita akan lebih mudah menyerap materi pembelajaran.
6.      Pindah lokasi belajar , cobalah membuat suasanan belajar kita sendiri itu nyaman untuk kita , cari tempat tempat yang sejuk nyaman untuk kita lakukan proses belajar.

Jadi ksimpuan penulis tentang kesulitan sesorang dalam proses belajar yaitu faktor dalam diri kita sendiri, cobalah belajar untuk berinovasi , menciptkan sesuatu yang baru , mengubah hal yang negatif menjadi postif. mulai sekarang kita harus menatap masa depan, kita harus menyusun masa depan kita, buatlah kenyamanan belajar kita sendiri , ketika kita nyaman materi itu akan lebih mudah kita pahami . buatlah strategi pembelajaran , agar pembelajaran kita itu tersusun dengan baik . rubah pola hidup , dari hal yang buruk ke hal yang baik .


Share:

0 komentar:

Post a Comment

WELCOME

My Profil



Nama Saya : Lulut Dwi Ratna
I am Study in Universitas Islam Negeri Walisongo
My Instagram : @lulutdwiratna
My Channel Youtube lulutdwiratna Please Like Comment and Subscribe.

Followers

About Me

My photo
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Selamat datang diBlog saya, temukan informasi menarik yang anda butuhkan, hanya disini.

Wikipedia

Search results